Internasional

Josephine Baker, Perempuan Kulit Hitam Pertama Dimakamkan di Pantheon

INDOPOSCO.ID – Penyanyi serta penari Josephine Baker akan menjadi perempuan kulit hitam pertama yang dikebumikan di mausoleum Panthéon, Paris.

Mengutip laporan Associated Press, Senin (23/8) , pihak istana kepresidenan Prancis membenarkan sebuah laporan surat kabar Le Parisien pada Minggu, menyebutkan upacara pemakaman akan diselenggarakan pada 30 November mendatang.

Panthéon merupakan lingkungan pemakaman tokoh- tokoh nasional besar dalam sejarah Prancis dari dunia politik, budaya, sampai sains, seperti ilmuwan Marie Curie, filsuf Prancis Voltaire, penulis Victor Hugo, serta tokoh-tokoh Prancis lainnya. Hanya presiden yang memiliki wewenang untuk memindahkan jenazah para tokoh ke Panthéon.

Sejak 2013, keluarga Baker beserta sekelompok orang sudah mengajukan petisi untuk mendesak pemberian tanda kehormatan pada Baker dengan mengumpulkan 38.000 tanda tangan. Pada 21 Juli lalu, mereka bertemu dengan presiden Emmanuel Macron untuk membahas hal ini.

“Ketika presiden mengatakan‘ betul’, itu merupakan kegembiraan yang luar biasa,” tutur Jennifer Guesdon mewakili kelompok tersebut, melansir AFP pada Senin (23/8).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button