Internasional

WHO Ungkap Kepercayaan terhadap Data Vaksin Sinopharm Sangat Rendah

INDOPOSCO.ID – Para ahli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyuarakan “kepercayaan yang sangat rendah” pada data tentang vaksin Covid-19 yang diberikan oleh pembuat obat milik negara Tiongkok, Sinopharm mengenai risiko efek samping yang serius pada beberapa pasien dan kemampuan vaksin untuk mencegah penyakit tersebut.

Seorang juru bicara WHO mengatakan bahwa dokumen tentang vaksin Sinopharm BBIBP-CorV adalah “salah satu dari banyak sumber” dari mana rekomendasi dibuat, sementara dijadwalkan akan dikeluarkan akhir pekan ini.

Dokumen “penilaian bukti” disiapkan oleh Kelompok Penasihat Strategis (SAGE) WHO untuk evaluasi suntikan Sinopharm, yang disahkan oleh 45 negara dan yurisdiksi untuk digunakan pada orang dewasa, dengan 65 juta dosis telah diberikan. Para ahli meninjau bukti dan memberikan rekomendasi tentang kebijakan dan dosis yang terkait dengan vaksin.

Dokumen tersebut mencakup ringkasan data dari uji klinis di China, Bahrain, Mesir, Yordania, dan Uni Emirat Arab. Kemanjuran vaksin dalam uji klinis Fase 3 multi-negara adalah 78,1 persen setelah dua dosis, kata dokumen itu. Angka itu sedikit turun dari 79,34 persen yang diumumkan sebelumnya di China.

“Kami sangat yakin bahwa 2 dosis BBIBP-CorV manjur dalam mencegah PCR yang dikonfirmasi Covid 19 pada orang dewasa (18-59 tahun),” berdasarkan dokumen itu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button