Headline

Pemerintah Tambah Kuota Ekspor Produsen Pasok Minyak Goreng ke Timur

INDOPOSCO.ID – Pemerintah akan memberikan insentif berupa penambahan kuota ekspor bahan baku minyak goreng bagi produsen yang memasok minyak goreng ke wilayah Indonesia timur.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan mengatakan insentif tersebut diberikan lantaran saat ini masih banyak daerah dengan penyaluran minyak goreng curah yang minim karena produsen minyak goreng terkonsentrasi di wilayah barat Indonesia.

“Dari pengalaman sebelumnya, kami paham bahwa produsen minyak goreng ini terkonsentrasi di Indonesia bagian barat, sebagian kecil ada di Kalimantan dan ada di Sulawesi, tapi sedikit. Sehingga ada daerah-daerah yang sampai saat ini masih minimal sekali penyalurannya,” katanya dalam konferensi pers daring di Jakarta, Selasa (28/6).

Oke menyebut insentif tersebut tertuang melalui matriks regionalisasi pendistribusian minyak goreng curah dalam Keputusan Dirjen PDN Kemendag Nomor 51 Tahun 2022. Setidaknya ada 12 wilayah distribusi yang bisa mendapatkan insentif penambahan kuota ekspor.

Ke 12 wilayah tersebut yaitu Bengkulu, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua dan Papua Barat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button