Headline

Paus Kutuk Kekejaman Perang Ukraina

INDOPOSCO.ID – Paus Fransiskus mengutuk kekejaman perang di Ukraina pada Misa malam Paskah yang dia hadiri. Paus tidak memimpin, karena sakit kaki yang memaksanya untuk membatasi kegiatan.
Misa dihadiri oleh Ivan Fedorov, Wali Kota Melitopol, yang ditahan oleh pasukan Rusia bulan lalu dan kemudian dibebaskan dalam pertukaran tahanan.

Kardinal Italia Giovanni Battista Re menggantikan Paus memimpin kebaktian itu, yang melibatkan prosesi dalam kegelapan hampir menyeluruh di bagian tengah gereja terbesar Dunia Kekristenan itu.

Paus duduk di depan Basilika Santo Petrus di kursi putih besar di samping, tampak waspada dan berdiri selama pembacaan Injil. Dia membaca homili sambil duduk tapi dengan suara normal dan kemudian bangkit untuk membaptis tujuh orang yang memeluk Agama Katolik.

Baca Juga : Dukung Rusia, Ribuan Warga Serbia Protes Pemerintahnya

Paus berpaling dari teks yang disiapkan untuk menyapa Fedorov, keluarganya dan tiga anggota parlemen Ukraina yang duduk di depan. Dia berbicara tentang “kegelapan perang, kekejaman”.

“Kami semua berdoa untukmu dan bersamamu. Kami berdoa karena ada begitu banyak penderitaan. Kami hanya bisa menemanimu, doa kami dan berkata kepadamu ‘jangan berkecil hati, kami menemanimu,'” kata Fransiskus seperti dikutip Antara, Minggu (17/4/2022).

Dia mengakhiri dengan mengatakan “Kristus telah bangkit” dalam bahasa Ukraina. Vatikan mengatakan Fransiskus bertemu secara pribadi dengan delegasi Ukraina sebelum Misa.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button