Headline

Program Perlindungan Sosial Harus Atasi Masalah Kemiskinan

INDOPOSCO.ID – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menekankan program perlindungan sosial yang digulirkan pemerintah bertujuan untuk mengatasi masalah kemiskinan di tengah pandemi Covid-19.

“Kita menjaga supaya masalah kemiskinan, masalah sosial itu tidak terlalu jatuh, maka harus kita siapkan melalui upaya-upaya perlindungan sosial,” ujar Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin seperti dilansir Antara, Minggu (20/3).

Menurut Wapres, ada dua pendekatan dalam mengatasi masalah kemiskinan, yaitu melalui perlindungan sosial yaitu diberikannya berbagai bantuan sosial. Kemudian melalui pemberdayaan masyarakat, yaitu program yang melibatkan masyarakat dalam setiap pengambilan keputusan pembangunan di tingkat masyarakat, sehingga masyarakat mempunyai rasa memiliki terhadap program pembangunan tersebut, tidak hanya sekadar menerima bantuan saja.

“Masalah kemiskinan itu didekati melalui dua hal, pertama yaitu perlindungan sosial atau bantuan sosial dan yang kedua itu adalah pemberdayaan masyarakat,” tutur Wapres.

Sementara itu, untuk mengoptimalkan pemulihan ekonomi nasional, Wapres menuturkan saat ini pemerintah terus mengupayakan koordinasi antara kementerian/lembaga yang terkait, agar bantuan sosial ini dapat diberikan tepat sasaran.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button