Headline

Rupiah Melemah Dipicu Serangan Rusia ke Ukraina

INDOPOSCO.ID – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antar bank di Jakarta pada Kamis (24/2) sore ditutup melemah dipicu serangan militer Rusia ke wilayah Ukraina.

Rupiah ditutup melemah 53 poin atau 0,37 persen ke posisi Rp14.391 per USD dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.338 per USD.

“Hari ini memang berat buat rupiah, karena terjadi risk aversion dengan menghindari aset beresiko seperti saham dan memindahkannya ke cash (USD) dan safe haven emas,” kata analis DCFX Futures Lukman Leong saat dihubungi di Jakarta, Kamis (24/2/2022), seperti dikutip Antara.

Baca Juga : Rupiah Melemah Tipis Seiring Naiknya Tensi Geopolitik Rusia-Ukraina

Dari eksternal, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia pada Kamis (24/2) ini mengumumkan, mereka berhasil melumpuhkan infrastruktur militer di pangkalan udara Ukraina dan “menaklukkan” pertahanan udara mereka, menurut laporan sejumlah kantor berita Rusia.

Kemenhan Rusia juga membantah laporan yang menyebutkan bahwa pesawat tempur mereka jatuh di wilayah Ukraina. Sebelumnya, militer Ukraina mengatakan lima pesawat Rusia dan satu helikopter ditembak jatuh di wilayah Luhansk.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button