Headline

Ini Strategi Satgas Penanganan Covid-19 Hadapi Lonjakan Kasus

INDOPOSCO.ID – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menerapkan sejumlah strategi menghadapi lonjakan kasus, mulai dari mengaktifkan peran Duta Perubahan Perilaku hingga pembagian masker gratis kepada masyarakat.

“Dalam 2 bulan terakhir, kami melakukan penebalan (rekrutmen baru) Duta Perubahan Perilaku sebanyak 28.687 orang di seluruh Indonesia,” kata Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, Sonny Harry B Harmadi, seperti dilansir Antara, Selasa (22/2/2022).

Ia mengatakan upaya tersebut merupakan salah satu strategi pihaknya menghadapi lonjakan kasus Covid-19 yang didominasi varian omicron. Tujuannya, untuk menghindari lonjakan kasus tak terkendali yang berakibat pada beban berlebih di fasilitas kesehatan.

Duta Perubahan Perilaku yang direkrut telah diberi pelatihan khusus dan secara sukarela turun langsung ke lapangan, mengedukasi masyarakat untuk menerapkan perilaku pencegahan penularan dengan 3M, mendukung upaya 3T dan vaksinasi. Hingga saat ini tercatat 163.113 orang duta perubahan perilaku yang tersebar di 502 kabupaten/kota se-Indonesia.

Baca Juga: Secara Epidemiologis, Omicron Lebih Berbahaya Dibanding Varian Delta

Selama dua bulan terakhir, kata Sonny, lebih dari 2 juta orang diedukasi langsung oleh para Duta Perubahan Perilaku. Tidak kurang dari 2 juta masker dibagikan untuk masyarakat berpendapatan menengah ke bawah.

Selain penggerakan lapangan, kata Sonny, Satgas juga melakukan kampanye masif pencegahan penularan melalui media luar ruangan, media elektronik, media daring, dan media sosial.

“Sesuai arahan Letjen TNI Suharyanto selaku Kepala BNPB sekaligus Kasatgas, BNPB diminta ikut memasifkan pembagian masker di lapangan selama Februari 2022,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button