Headline

Pemimpin Otorita IKN Harus Peka Terhadap Kearifan Lokal

INDOPOSCO.ID – Anggota DPD RI Agustin Teras Narang mengingatkan pemimpin Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara nantinya, hendaklah bukan sekedar cerdas dan punya keberanian menjalankan proyek infrastruktur, tapi juga kepekaan dan kemampuan dalam melihat potensi maupun kearifan lokal setempat.

Kepekaan itu sangat penting agar masyarakat serta pemangku kepentingan lain di Pulau Borneo dapat digerakkan mendorong IKN di wilayah Kalimantan pada umumnya, kata Teras Narang saat menjadi narasumber Webinar Nasional bertema Mencari Pemimpin Ideal Badan Otorita Ibu Kota Negara Nusantara, diikuti dari Palangka Raya, Sabtu (12/2/2022).

“Kenapa saya ingatkan begitu, karena berdasar Undang-undang IKN yang telah disepakati dan disahkan DPR RI bersama DPD RI dan Pemerintah Pusat, keberadaan Kepala Otorita IKN itu setingkat Kementerian dan memiliki kewenangan khusus,” ucapnya, seperti dikutip Antara, Sabtu (12/2/2022).

Adapun kewenangan khusus Kepala Otorita IKN Nusantara berdasarkan UU, yakni pemberian perizinan investasi, kemudahan berusaha, insentif fiskal dan atau non-fiskal, serta pemberian fasilitas khusus kepada setiap orang yang mendukung pembiayaan untuk persiapan, pembangunan dan pemindahan IK Nusantara.

Baca Juga: Pembangunan Istana Negara di IKN Baru Bukan di Titik Nol

Gubernur Kalimantan Tengah periode 2005-2015 itu mengatakan, Kepala Otorita IKN Nusantara bahkan memiliki kekhususan yang pertama dalam sejarah ketatanegaraan di Indonesia. Sebab, Kepala Daerah dengan otoritas sekaligus setingkat Kementerian, bahkan dipilih dan dilantik Presiden setelah berkonsultasi dengan DPR RI,” beber dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button