Headline

Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Jadi Pangkostrad, Ini Pendapat Pengamat

INDOPOSCO.ID -Pengamat militer dari Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) Anton Aliabbas beranggapan penunjukan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad tidak banyak mengubah kecondongan pola riwayat jabatan seorang Panglima Kostrad.

“Hal ini merujuk pada riwayat penugasan Maruli sebagai Panglima Kodam IX/Udayana dan berkualifikasi pasukan tempur, yakni Kopassus (Komando Pasukan Khusus),” tuturnya, di Jakarta, Sabtu (22/1/2022).

Promosi jabatan Mayjen TNI Maruli tertera dalam Surat Keputusan Nomor 66/I/2022 yang ditandatangani Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada Jumat (21/1/2022) malam.

Menurut Anton, bila merujuk pada pola riwayat pekerjaan 20 perwira tinggi yang menjabat posisi Pangkostrad sejak era reformasi, maka rekam jejak Maruli memiliki kecondongan sama, yakni sempat menjabat Panglima Kodam, memiliki jejak kualifikasi satuan tempur Kopassus, dan berawal dari lulusan Akademi Militer yang lebih muda dari pejabat pendahulu.

Baca juga : Panglima TNI Tunjuk Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Jabat Pangkostrad

Anton mengatakan, penunjukan Maruli sebagai Pangkostrad menimbulkan opini Presiden Joko Widodo membenarkan ide penempatan perwira tinggi yang sempat bekerja dekat dengannya menduduki jabatan strategis.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button