Headline

Komnas Sebut Hanya 30 Persen Kasus Kekerasan Seksual Diproses Secara Hukum

INDOPOSCO.ID – Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani menyebutkan dari 24.786 kasus kekerasan seksual yang terjadi sepanjang 2016 hingga 2020 kurang dari 30 persen kasus yang hanya diproses secara hukum.

“Hal tersebut berdasarkan kajian Komnas Perempuan atas kasus perkosaan yang dilaporkan pada lembaga layanan pengaduan,” kata Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani pada webinar Doa Lintas Iman untuk Pengesahan RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual seperti dikutip Antara, Rabu (12/1/2022).

Alasan tidak diproses atau tidak ditindaklanjutinya kasus juga beragam. Salah satunya kasus yang dilaporkan pada tingkat substansi karena tidak mengenal bentuk kekerasan meskipun itu sebuah pemerkosaan. “Kita tahu definisinya di KUHP sangat terbatas,” ujar Andy.

Hal tersebut belum lagi termasuk soal aturan pembuktian, budaya menyangkal, bahkan menyalahkan korban yang masih banyak terjadi di tengah masyarakat.

Baca Juga: KPPPA Kecam Kekerasan Seksual Anak Dicekoki Miras

Secara umum, dari puluhan ribu kasus kekerasan seksual yang dilaporkan ke berbagai lembaga negara, masyarakat serta Komnas Perempuan sekitar 7.300 di antaranya adalah kasus kekerasan perkosaan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button