Headline

Varian Omicron Kemungkinan Tak Terdeteksi Tes PCR

INDOPOSCO.ID – Peneliti Pusat Riset Biologi Molekuler Eijkman Badan Riset dan Inovasi Nasional(BRIN) Prof dr Amin Soebandrio W Kusumo, PhD, SpMK (K) mengatakan varian Omicron virus SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 bersifat lebih cepat menular dan memiliki kemungkinan lolos atau tak terdeteksi pemeriksaan laboratorium berbasis polymerase chain reaction(PCR).

Omicron lebih cepat menular meski hal itu masih perlu dibuktikan lebih lanjut,” tuturnya seperti dikutip Antara, Jumat (17/12/2021).

Ia menjelaskan Omicron memiliki kemungkinan lolos dari pemeriksaan laboratorium berbasis PCR karena banyak mutasi di daerah spike varian itu. Selain itu, Omicron tidak memiliki perbandingan gejala klinis yang menonjol dengan varian-varian lain, namun gejala klinis yang diakibatkan Omicron pada sebagian besar penderita atau orang yang terinfeksi terkategori tidak berat.

Berita Terkait

Baca Juga: Wisma Atlet Kemayoran Lockdown, Kebutuhan Logistik Harus Terpenuhi

Menurut dia Omicron kemungkinan bisa lolos dari antibodi, baik yang berasal dari pasca vaksinasi, pada penyintas atau yang diberikan sebagai pengobatan. “Itu empat sifat yang dikhawatirkan ada di Omicron ini,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button