Headline

Indonesia Umumkan Varian Omicron, Begini Saran Mantan Direktur WHO

INDOPOSCO.ID – Mantan Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organizations/WHO) Asia Tenggara Prof Tjandra Yoga Aditama menyampaikan, beberapa hal yang perlu dilakukan masyarakat setelah munculnya virus corona varian Omicron di Indonesia.

Pertama, tetap ketat melakukan protokol kesehatan 3M yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak. Kini ditambah menjadi 5M yaitu, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas.

“5M ini memang perlu menjadi bagian dari gaya hidup, bukan hanya dalam konsep “new normal” tetapi menjadi “now normal,” kata Prof. Tjandra dalam keterangannya, Jakarta, Kamis (16/12/2021).

Baca Juga : Omicron Masuk Indonesia, Pemerintah Diminta Lakukan Hal Ini

Kedua, menjalankan praktik 3T (Tracing, Testing, Treatment) dengan dukungan semua lapisan masyarakat. Testing dilakukan metode polymerase chain reaction (PCR). Setelah menjalani tes dan bila hasilnya positif segera melapor.

“Dalam hal 3T, maka kalau memang ada kecurigaan maka kita perlu memeriksakan diri dan bila perlu PCR, kalau ternyata hasilnya positif maka kita perlu menghubungi kerabat yang pernah kontak,” tutur Tjandra.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button