Headline

Atasi Papua, Ini Kacamata DPR Tentang Calon Panglima TNI Jenderal Andika

INDOPOSCO.ID – Wakil Ketua Komisi I DPR, Abdul K Almasyhari mengatakan, calon Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa ingin menggunakan diplomasi militer dan pendekatan humanis dalam menyelesaikan persoalan di Papua.

Hal itu menurut dia terungkap saat sang jenderal TNI AD itu menyampaikan visi-misinya sebagai calon panglima TNI dalam uji kelayakan di Komisi I DPR.

“Apa yang akan dilakukan untuk memberikan perubahan persepsi terhadap Indonesia dari masalah-masalah yang selama ini menyangkut Papua, seolah-olah Indonesia ada pada posisi salah. Rupanya bukan kekuatan militeristik yang akan diturunkan namun ingin mengedepankan diplomasi militer,” kata Almasyhari, dalam Empat Pilar MPR RI dengan tema” Panglima TNI Baru dan Tantangan Ketahanan NKRI”, Senin (8/11/2021).

Ia menjelaskan, Perkasa– alumnus Akademi Militer pada 1987– memaparkan bahwa tidak pernah menganggap seluruh warga negara Indonesia sebagai” musuh”.

Ia katakan, sang jenderal itu tidak mungkin menganggap “musuh” kalau mau menyelesaikan persoalan di Papua secara pertemanan untuk mengurangi distorsi dan tindakan.

Baca Juga: Jenderal Andika Perkasa: Terima Kasih

Ia senang dengan pernyataan dan komitmen Perkasa, yang memiliki masa dinas aktif tinggal sekitar 13 bulan lagi itu, dalam menyelesaikan persoalan di Papua dengan pendekatan humanis.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button