Headline

Penanganan Pandemi Covid-19 Syarat Mutlak Pemulihan Ekonomi

INDOPOSCO.ID – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa syarat mutlak agar ekonomi Indonesia dapat pulih adalah menjaga penanganan pandemi Covid-19 agar tidak terjadi gelombang ketiga.

“Diharapkan 80 persen masyarakat sudah divaksinasi pada akhir tahun 2021 dan dosis kedua bisa diselesaikan pada kuartal pertama tahun depan. Untuk pemulihan ekonomi tetap dilanjutkan pada tahun 2022 terutama untuk sektor kesehatan dan perlindungan sosial,” kata Menko Airlangga dalam keterangan resmi yang diterima seperti dikutip Antara, Kamis (21/10/2021).

Menko Airlangga menyatakan terjaganya pertumbuhan ekonomi dan terkendalinya pandemi Covid-19 menjadi fakta tepatnya kebijakan dan program pemerintah. Pemerintah dalam dua tahun terakhir berhasil menahan kontraksi ekonomi di tahun 2020 yang hanya sebesar minus 2,07 persen (yoy) dan menjadikan Indonesia menempati peringkat ke-4 di antara negara G20.

Baca Juga : Pemulihan Ekonomi Suatu Keharusan Tapi Kesehatan yang Utama

Memasuki tahun 2021, penguatan pengendalian pandemi juga berhasil mendorong ekonomi Indonesia untuk tumbuh sebesar 7,07 persen (yoy) di triwulan II-2021 dan ialah pertumbuhan tertinggi dalam 16 tahun terakhir.

“Konsumsi pemerintah terus memegang peranan aktif dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi selama pandemi, termasuk di Triwulan II-2021. Alhasil, upaya ini dapat mendorong peningkatan pada komponen konsumsi rumah tangga dan investasi,” ujar Airlangga.

Selain itu, pemulihan yang terjadi di berbagai sektor utama, seperti sektor pabrik pengolahan, sektor perdagangan, sektor konstruksi, serta sektor transportasi dan pergudangan mencerminkan aktivitas ekonomi sudah mulai bangkit kembali.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button