Headline

Konflik China dan Taiwan Semakin Memanas. Ini Penyebabnya

INDOPOSCO.ID – Angkatan udara Taiwan pada Jumat (17/9/2021) berusaha menghalau 10 pesawat China yang memasuki zona pertahanan udara. Demikian diungkapkan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Taiwan.

Menurut kemenhan Taiwan, armada udara China yang memasuki teritorial mereka terdiri dari 6 jet tempur J-16 serta 2 J-11, ditambah satu pesawat anti-kapal selam dan satu pesawat pengintai.

Taiwan mengerahkan pesawat tempur untuk memperingatkan pesawat-pesawat China itu. Sistem pertahanan rudal Taiwan juga diperintahkan untuk mengawasi mereka.

Jet-jet tempur China terbang di atas wilayah dekat Kepulauan Pratas, sementara pesawat anti kapal selam dan pengintainya terbang ke Terusan Bashi yang memisahkan Taiwan dengan Filipina, menurut peta yang dirilis kemenhan Taiwan.

Menurut Juru Bicara Komando Militer Wilayah Timur China, kapal perang, pesawat pengintai, serta pesawat pengebom mereka dikerahkan pada Jumat dalam kegiatan patroli serta latihan.

”Tujuannya, meningkatkan kemampuan tempur gabungan militer China di wilayah itu,” tutur Juru Bicara dalam sebuah pernyataan, Sabtu (18/9/2021).

Taiwan, yang selama ini diklaim oleh China sebagai bagian dari negaranya, kerap mengeluhkan misi angkatan udara China yang beberapa kali digelar di dekat wilayah mereka dalam satu atau 2 tahun terakhir.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button