Headline

Masuk Musim Hujan, Awas Potensi Bencana Hidrometeorologi

INDOPOSCO.ID – Masyarakat diingatkan untuk mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi yang biasanya mengalami peningkatan saat musim hujan

“BMKG memprakirakan sejumlah wilayah akan memasuki musim hujan pada Bulan Oktober 2021, masyarakat harus waspada dan melakukan persiapan menghadapi musim hujan,” kata Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Dr Indra Permanajati di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat (3/9/2021).

Koordinator Bencana Geologi Pusat Mitigasi Unsoed tersebut menjelaskan bencana hidrometeorologi meliputi bencana banjir, longsor, angin puting beliung dan bencana lain yang berpotensi terjadi karena kondisi cuaca dan peningkatan intensitas air.

“Perlu melakukan persiapan guna menghadapi risiko bencana yang bisa saja terjadi. Persiapan ini meliputi kesiapsiagaan dalam kondisi darurat, informasi yang intensif tentang kebencanaan seperti perkiraan cuaca, serta informasi kebencanaan lainnya,” katanya.

Dia menambahkan, untuk mengurangi risiko atau mitigasi bencana maka pemerintah daerah perlu melakukan koordinasi dengan seluruh perangkat daerah terkait mengenai langkah-langkah yang perlu dilakukan bila ada bencana.

“Dengan memperkuat koordinasi maka langkah taktis bisa dilakukan dengan cepat dan baik,” ujarnya dilansir Antara.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah daerah juga perlu meningkatkan sosialisasi kebencanaan kepada masyarakat di wilayah setempat.

 

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button