Headline

KPK Segera Eksekusi Mantan Menteri Sosial Juliari Batubara

INDOPOSCO.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera mengeksekusi mantan Menteri Sosial Juliari Batubara ke lembaga pemasyarakatan karena politikus PDI Perjuangan ini tidak mengajukan banding.

“Informasi dari kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, terdakwa tidak mengajukan upaya hukum banding,” tutur Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di Jakarta, Rabu (1/9).

Pada 23 Agustus 2021, Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta menjatuhkan vonis 12 tahun penjara ditambah denda Rp500 juta subsider 6 bulan kurungan pada Juliari Batubara.

“Berikutnya, setelah Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendapatkan salinan petikan putusan maka segera menyerahkan administrasi kasus kepada jaksa eksekutor KPK untuk pelaksanaan eksekusinya,” imbuh Ali, dikutip dari Antara.

Tetapi Ali belum mendapat informasi mengenai lokasi lembaga pemasyarakatan tempat Juliari akan menjalani hukumannya.

Majelis hakim juga mewajibkan Juliari untuk melunasi uang pengganti sejumlah Rp14.597.450.000 yang bila tidak dibayar maka akan dipidana selama 2 tahun. Beliau juga dicabut hak untuk dipilih dalam jabatan publik selama 4 tahun sejak selesai menjalani pidana pokok.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button