Headline

Ekonomi Indonesia Tumbuh Lebihi Korsel dan Vietnam

INDOPOSCO.ID – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan perekonomian Indonesia telah menunjukkan perbaikan di tengah pandemi Covid-19 dengan pencapaian pertumbuhan ekonomi sebesar 7,07 persen secara tahunan (yoy) di kuartal II 2021 yang melampaui pertumbuhan sejumlah negara, seperti Vietnam dan Korea Selatan.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh 7, 07 persen secara tahunan (yoy), tertinggi sejak era krisis subprime mortgage (penyebab krisis finansial global pada 2008). Pertumbuhan ekonomi Indonesia juga lebih tinggi dari negara-negara yang telah merilis angka pertumbuhan di kuartal II,” kata Menko Airlangga Hartarto dalam HSBC Summit seperti dikutip Antara, Rabu (25/8/2021).

Menko Airlangga membandingkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan Korea Selatan( Korsel) yang tumbuh 5,9 persen dan Vietnam yang tumbuh 6,6 persen di kuartal II 2021. Ia mengatakan upaya pemerintah Indonesia dalam menekan laju penularan Covid-19 merupakan kunci utama dalam percepatan pemulihan ekonomi kuartal II 2021.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia didorong oleh pertumbuhan konsumsi rumah tangga yang pada kuartal II 2021 mencapai 5,9 persen (yoy),” ujar dia.

Selain itu Menko Airlangga menyebutkan permintaan domestik juga terus meningkat karena kegiatan industri berangsur pulih dengan peningkatan kapasitas produksi. Hal itu membuat investasi di kuartal II 2021 tumbuh 7,54 persen (yoy).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button