Headline

Menlu: Indonesia Telah Amankan Lebih dari 100 Juta Dosis Vaksin

INDOPOSCO.ID – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan bahwa pemerintah Indonesia telah mengamankan lebih dari 100 juta dosis vaksin melalui upaya kerja sama bilateral serta multilateral dengan negara- negara lain.

“Indonesia telah mengamankan dan menerima 119. 735. 200 dosis vaksin, baik dari kerja sama bilateral maupun multilateral,” ujar Retno didamping Menkes Budi dalam jumpa pers seperti yang dikutip Antara, Sabtu (10/7/2021).

Dari angka tersebut, ia menjelaskan bahwa 108, 5 juta dosis merupakan produksi Sinovac dan 1, 5 juta dosis dari Sinopharm, yang keduanya merupakan perusahaan asal China.

Adapun Indonesia juga telah menerima 8. 236. 800 dosis vaksin AstraZeneca dari Fasilitas COVAX serta 998. 400 dosis vaksin dari produsen yang serupa, yang dihibahkan oleh pemerintah Jepang.

Selain itu, Uni Emirat Arab juga telah memberikan vaksin buatan Sinopharm sebanyak 500. 000 dosis.

“Dengan seluruh vaksin yang telah didapatkan Indonesia sejauh ini, Indonesia telah dapat melakukan vaksinasi dengan 49. 618. 000 dosis, yang merupakan upaya vaksinasi terbesar keempat di Asia,” tambah Menlu.

Saat ini, lanjutnya, pemerintah Indonesia masih terus melancarkan upaya untuk mendapatkan lebih banyak dosis vaksin, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk mempercepat vaksinasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button