Headline

Blunder Bipang, Kepercayaan ke Jokowi Bisa Turun

INDOPOSCO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan blunder. Video Presiden Jokowi mempromosikan makanan Indonesia, yang salah satunya bipang ambawang (panggang babi) dari Kalimantan menuai polemik di masyarakat.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga melakukan blunder dalam kasus Perpres Miras dan pernyataannya mengenai benci produk asing. “Hal semacam itu seharusnya tidak boleh terjadi bila ring satu Presiden, termasuk Tim Komunikasinya, sangat selektif dan korektif terhadap semua hal yang keluar dari istana. Mereka harus mempertimbangkan secara komprehensif dan integratif dari setiap kebijakan yang diambil Presiden Jokowi,” ujar Pengamat Komunikasi Politik M Jamiluddin Ritonga melalui gawai, Senin (10/5/2021).

Untuk itu, masih ujar Jamiluddin, pidato dan pernyataan presiden yang ditujukan untuk konsumsi publik pun harus diseleksi. Sehingga yang keluar dari presiden sangat terukur dan dampaknya sudah dapat diperhitungkan sebelumnya.

“Kasus promosi bipang ambawang misalnya, sangat tidak sesuai disampaikan di bulan Ramadan. Komunikasi seperti ini sangat mengabaikan empati terhadap umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa,” terangnya.

Hal itu, menurutnya, wajar kalau akhirnya munculnya reaksi keras dari masyarakat. Mereka menilai pesan promosi seperti itu tidak toleran terhadap umat Islam.

“Memang ada upaya pelurusan atas apa yang disampaikan Jokowi, namun tetap saja tidak menolong. Justru hal itu dinilai masyarakat hanya sebuah pembenaran,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button