Gaya Hidup

Perundungan Bisa Bentuk Karakter Negatif Anak

INDOPOSCO.ID – Psikiater dari RS Sari Asih Karawaci Kota Tangerang, dr Uliandri Amrullah menyebutkan dampak perundungan yang tidak terpantau orang tua dapat membentuk karakter negatif pada anak.

“Misal anak biasanya dikenal periang, lalu tiba-tiba berubah menjadi pendiam, jarang bicara, lebih senang menyendiri dan menghindar dari pergaulan sehari-hari. Itu yang perlu diberikan perhatian,” kata dr Uliandri dalam keterangannya di Tangerang, Banten, Senin (23/1).

Ia mengatakan dampak perundungan sulit hilang meski anak sudah tumbuh dewasa. Untuk itu diperlukan perhatian ekstra dari orang tua dan pihak sekolah.

Orang tua harus memantau kondisi psikologis anak baik saat berada di dalam maupun luar sekolah. Kondisi tersebut bisa dilihat dari perubahan perilaku.

Diperlukan perhatian lebih serius jika perubahan perilaku yang ditampilkan anak telah dialami selama lebih dari dua minggu dan dapat lebih cepat bila perubahan perilaku anak tampak nyata dan berat.

“Dekati anak untuk melakukan pembicaraan dan beri bantuan. Jika sulit, beri anak waktu sehingga mereka siap untuk berbicara,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button