Gaya Hidup

Ini Bahayanya Jika Terlalu Sering Minum Obat Sakit Kepala

INDOPOSCO.ID – Praktisi kesehatan dokter spesialis syaraf dari RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta, Dr dr Tiara Aninditha, SpS(K) mengingatkan bahwa terlalu sering minum obat sakit kepala berbahaya karena bisa menyebabkan sakit kepala berkepanjangan yang disebut Medication Overuse Headache (MOH).

“MOH (Medication Overuse Headache) ini istilah baru ya… yang secara sederhananya adalah sakit kepala yang dipicu karena minum obat sakit kepala yang terlalu banyak,” katanya dalam bincang-bincang kesehatan yang digelar daring dalam rangka HUT RSCM ke-103, yang diikuti di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan MOH paling banyak terjadi pada penderita migrain dan wanita muda di usia produktif yang banyak menghabiskan waktu di depan layar gawai seperti ponsel atau komputer.

Berita Terkait

“Karena migrainnya mengganggu dan dia tidak menemukan cara yang tepat (untuk menghilangnya). Padahal bisa saja migrainnya dipicu hal-hal tertentu, jadi bukan menghindari penyebabnya malah dia menghilangkan (migrain) dengan jalan pintas berupa minum obat,” katanya.

“Kemudian yang sering melihat layar itu kan rasanya enggak nyaman di kepalanya, padahal ada cara lain tapi ditanganinya malah minum obat terus-menerus,” tambahnya.

Ia menjelaskan, seseorang dapat dikatakan berlebihan jika mengonsumsi obat sakit kepala jika melakukannya selama lebih dari 10-12 hari tiap bulan dalam tiga bulan terakhir untuk satu jenis obat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button