Gaya Hidup

Ini Dampak Jangka Panjang jika Abaikan Mobil yang Sempat Terkena Banjir

INDOPOSCO.ID – Pemilik kendaraan disarankan segera memeriksa kondisi mobil yang sempat terkena banjir meski kondisinya tidak rusak, atau tidak sampai terendam ke bagian mesin.

Jika Anda mengabaikan pemeriksaan mobil tersebut, maka terdapat sejumlah dampak jangka panjang yang mengganggu bahkan merusak mobil. Berikut ulasannya menurut siaran pers Auto2000, Sabtu.

Bau Tidak Sedap di Dalam Mobil

Berita Terkait

Air banjir bisa masuk ke dalam kabin melalui lubang di bawah dek atau melalui celah pintu yang karetnya mulai getas. Jangan lupa, tekanan air banjir sangat kuat sehingga dapat masuk lewat celah sangat kecil.

Masalahnya, air bekas banjir pasti kotor dan bau. Akibatnya bau tidak sedap akibat banjir tersebut menetap di dalam mobil dan membuat perjalanan terasa tidak nyaman.

Merusak Sistem Kelistrikan Mobil

Bagian kelistrikan mobil sangat rentan saat mobil terendam banjir, apalagi dalam waktu yang lama dan tidak terdeteksi. Ketika mobil terendam atau melewati jalan banjir, sistem kelistrikan masih berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Banjir Bandang Rusak Puluhan Hektare Lahan Persawahan di Lombok

Namun seiring waktu, air bisa masuk ke dalam celah sambungan kabel atau konektor kelistrikan dan membuatnya rusak. Sangat berbahaya jika air kotor berhasil menjangkau area sensitif seperti ECU (electronic control unit) atau sekering.

Karat Bodi Mobil

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button