Gaya Hidup

Cedera Lutut Harus Ditangani Dokter jika Tidak Membaik Usai Istirahat

INDOPOSCO.ID – Dokter Bedah Tulang Andi Nusawarta mengatakan terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan terkait cedera sebelum akhirnya harus mendapatkan perawatan dari dokter.
“Pertama, adalah saat mengalami cedera ligamen pada lutut saat melakukan olahraga atau saat beraktivitas dan tidak segera membaik setelah beristirahat,” kata dr. Andi dalam temu media di Jakarta, Jumat.

Lebih lanjut, dr. Andi mengatakan tanda selanjutnya adalah jika cedera ligamen pada lutut menyebabkan sulit berjalan jika ada pembengkakan pada lutut.

Pria yang terhimpun dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia tersebut mengatakan tanda ketiga adalah jika saat cedera ligamen lutut terdapat nyeri yang tidak hilang atau ada nyeri berat yang tak tertahankan.

Berita Terkait

“Lalu, jika ada nyeri yang hilang dan timbul terutama saat aktivitas olahraga. Apalagi dengan riwayat pernah cedera saat melakukannya (olahraga),” jelas dr. Andi.

Baca Juga: Perlukah Skincare untuk Area Vagina?

Adapun beberapa pilihan penanganan lutut non-operatif, menurut dr. Andi. Ada yang namanya terapi fisik dan latihan, cryotheraphy, aspirasi cairan sendi karena edema atau pendarahan, NSAID’s, hingga injeksi proloterapi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button