Gaya Hidup

Mencegah Penularan Cacar Monyet Dimulai dari Rumah

INDOPOSCO.ID – Perawat Senior Rumah Sakit Penyakit Menular Kuwait (Senior Nurse of Infectious Diseases Hospital Kuwait) Dudih Hidayat meminta semua pihak untuk mencegah penularan Monkeypox (cacar monyet) dimulai dari rumah, sesuai dengan tata laksana yang berlandaskan pada protokol kesehatan.

“Ketika rumah sakit sudah tidak bisa menampung lagi, kami akan melihat kriteria dari pasien ini. Jika relatif ringan, maka pasien ini akan dianjurkan untuk karantina di rumah saja,” katanya dalam Webinar Mengenal Penyakit Monkeypox & Penatalaksanaannya yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan terdapat beberapa kasus di mana pasien Monkeypox dengan gejala ringan, dianjurkan untuk melakukan karantina di rumah masing-masing. Walaupun demikian, semua anggota keluarga harus terlibat secara teliti dan cermat agar tidak terjadi klaster dalam keluarga.

Berita Terkait

Baca Juga : Jerman Catat Kasus Cacar Monyet Pertama pada Anak

Dalam mencermati tata laksana pencegahan infeksi Monkeypox, keluarga harus menyiapkan setidaknya satu tempat, untuk pasien yang melakukan karantina mandiri di rumah. Usahakan agar kamar mandi yang digunakan ikut dipisahkan dari anggota keluarga lainnya selama masa karantina.

Hal lain yang harus dipisahkan adalah memisahkan barang-barang perlengkapan pribadi seperti handuk pakaian, alat makan dan lain sebagainya. Dudih menekankan tujuan pemisahan barang itu sebagai upaya mencegah terjadinya kontaminasi ke barang lainnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button