Gaya Hidup

Putri Kuswisnu Wardani Dukung Jamu Jadi Warisan Budaya UNESCO

INDOPOSCO.ID – Putri Kuswisnu Wardani, anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) mendukung budaya sehat jam diajukan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) dari Indonesia ke UNESCO.

Pada bulan Maret 2022, secara resmi Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mendaftarkan jamu sebagai warisan budaya tak benda kepada UNESCO.

“Saya mengapresiasi langkah Kemendikbud Ristek yang mengajukan budaya sehat jamu menjadi warisan budaya tak benda ke UNESCO,” kata Putri dalam keterangannya dikutip pada Rabu.

Berita Terkait

Menurut pengusaha kosmetik yang juga merupakan putri dari Mooryati Soedibyo, pendiri dan perintis PT Mustika Ratu itu mengatakan bahwa saat pandemi, gaya hidup sehat melalui jamu bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh.

“Terlebih jamu dianggap telah membantu menjaga kebugaran masyarakat dan memberikan manfaat bagi kesehatan secara global di tengah kondisi dunia yang terpuruk akibat pandemi sehingga penting untuk mendorong agar jamu bisa memperoleh pengakuan dari UNESCO sebagai warisan budaya dunia,“ kata Putri, seperti dikutip Antara, Rabu (13/4/2022).

Jamu, kata dia, memberikan sumbangsih pada Sustainable Development Goals (SDG) dengan salah satu tujuan indikator yaitu kehidupan sehat dan sejahtera untuk masyarakat dengan pemanfaatan keanekaragaman hayati atau rempah-rempah sebagai pewaris budaya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button