Gaya Hidup

Dokter: Puasa Ramadan Memperlambat Penuaan Tubuh

INDOPOSCO.ID – Berpuasa selama bulan Ramadan memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh khususnya kulit salah satunya sebagai anti-aging atau untuk memperlambat atau mengurangi tanda-tanda penuaan yang muncul di tubuh, ungkap dr. Aninda Marina, SpDV dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

“Puasa juga bermanfaat untuk anti- aging. Jadi penuaan sebenarnya proses yang sudah ditakdirkan dari DNA, karena kita punya time DNA. Namun, dengan berpuasa menurunkan berbagai macam enzim di mana melakukan penuaan,” jelas dia dalam sebuah konferensi pers daring, Jumat (1/4/2022), seperti dikutip Antara.

Enzim- enzim yang menghancurkan serabut mielin turun selama tubuh berpuasa. Sel- sel dan kolagen akan hidup lebih lama sehingga tampilan kulit pun lebih muda.

Baca Juga : Dokter: Sahur Kunci Ibu Lancar Menyusui selama Berpuasa

Di jaringan lemak, cadangan lemak bisa meningkat dan di kolagen bila tubuh berpuasa. Puasa juga meningkatkan antioksidan demi menghambat enzim-enzim yang bekerja untuk menghancurkan kolagen dan mempercepat anti-aging.

Kemudian, dengan adanya penurunan insulin growth factor karena sama sekali tidak ada nutrisi pada saat puasa, maka protein kinase A yang berguna untuk mengancurkan sel, menjadi turun, sehingga stem cell meningkat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button