Gaya Hidup

Serasa di Rumah Sendiri, Band Jazz Belanda Boi Akih Konser Di Ambon

INDOPOSCO.ID – Bagi band jazz asal Belanda Boi Akih, menggelar konser di Dusun Tuni, Kota Ambon, seakan bermain di rumah sendiri karena mereka ada ikatan emosional tersendiri terhadap Provinsi Maluku.

“Iya tentu saja, ada perasaan emosional tersendiri karena orang tua saya berasal dari Maluku dan bermain di sini seperti kembali pulang,” kata Monica Akihary, volakis Boi Akih seperti dilansir Antara. Minggu (6/3/2022).

Boi Akih untuk kedua kalinya menggelar konser di Dusun Tuni, Negeri (Desa) Urimessing, Kota Ambon, setelah sebelumnya menggelar konser di sana pada 2019. Dusun Tuni sendiri merupakan destinasi wisata musik di Kota Ambon, khususnya instrumen dari bambu.

Ia mengatakan orang tuanya berasal dari Aboru, Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, dan pindah Belanda sejak lama. Kenangan tentang Maluku, menjadi salah satu inspirasi untuk dirinya berkarya, dan beberapa dituangkan di lagu Boi Akih yang memasukkan bahasa Haruku, yang merupakan bahasa tradisional Maluku.

Gitaris dan komposer Boi Akih Niels Brouwer, menyatakan konser tersebut akan berisi kolaborasi lintas genre yang memadukan musik tradisional dan jazz. Boi Akih akan berkolaborasi dengan Molucca Bamboowind Orchestra (MBO) dan I Made Subandi dari Bali.

Tidak seperti konser pertama pada 2019, lanjutnya, kali ini Boi Akih sudah memahami karakter dan kemampuan musikalitas musisi lokal. Mereka sudah lebih saling memahami dalam berkarya dan berkolaborasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button