Gaya Hidup

Hallo Orang Tua! Tolong Batasi Gadget untuk Anak Pra Sekolah

INDOPOSCO.ID – Psikolog dari Sumatera Selatan (Sumsel) Seftiana Sari mengingatkan kepada orang tua untuk segera membatasi penggunaan gadget terhadap anak usia pra sekolah, bila menginginkan anaknya bisa cepat lancar berbicara.

”Sebab penggunaan gadget yang berlebih justru akan mempengaruhi percepatan kemampuan anak untuk bisa lancar berbicara atau mengalami delay speech,” kata Seftiana Sari di Palembang, Minggu (13/2/2022).

Menurut Seftiana, satu hingga satu setengah jam sehari merupakan batas waktu maksimal yang direkomendasikan psikolog kepada orang tua untuk memberikan anaknya bermain sambil belajar memanfaatkan fitur gadget. Lebih dari itu anak akan ketergantungan dan pasif.

Hal tersebut dikarenakan melalui pembelajaran dari gadget anak-anak di usia pra sekolah itu cenderung hanya menjadi penerima dan mendapatkan bahasa reseptif saja.

Adapun penyebabnya, kata dia, komunikasi yang diberikan melalui fitur pembelajaran di gadget itu hanya tersampaikan secara terbatas satu arah sehingga anak akan sulit untuk mencernanya.

Maka menurut alumni magister psikologi Universitas Medan Area Sumatera Utara itu, yang lebih tepat untuk dilakukan oleh orang tua adalah mengintensifkan berkomunikasi secara langsung dengan sang anak.

Baca Juga: Tablet Galaxy Paling Besar, Berani dan Multifungsi

Sebab melalui komunikasi langsung baik secara verbal dan ataupun nonverbal maka akan ada interaksi timbal balik yang dapat mengasah kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik anak di usia emasnya itu.

Ia menjelaskan contohnya melalui percakapan yang sederhana misal seperti “baby mau apa? mama ada permen, saya kasih permen ya, baby mau permen warna apa?”

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button