Gaya Hidup

Waspadai Phishing Memanfaatkan Kepopuleran “Spider-Man: No Way Home”

INDOPOSCO.ID – Perusahaan keamanan global Kaspersky meminta masyarakat untuk mewaspadai ancaman dari para pelaku kejahatan siber melalui phishing atau pencurian data memanfaatkan momen kepopuleran film superhero “Spider-Man: No Way Home“.

Dikutip dari rilis pers, Sabtu (18/12/2021), peneliti Kaspersky mengamati aktivitas intensif dari para penipu online menjelang pemutaran perdana film dan menemukan banyak contoh situs web phishing yang dibuat untuk mencuri detil bank pengguna.

Untuk memberikan daya tarik pada halaman phising, para pelaku kejahatan siber tidak menggunakan poster resmi dari film, melainkan fanart yang menampilkan semua aktor Spider-Man. Dengan poster seperti itu, para pelaku kejahatan siber ingin menarik lebih banyak perhatian para penggemar.

Berita Terkait

Baca Juga : Film Animasi “Encanto” Duduki Puncak Box Office Akhir Pekan

Saat situs web phishing tersebut dikunjungi, pengguna akan diminta untuk mendaftar dan memasukkan informasi kartu kredit. Setelah itu, duit akan didebet dari kartu pengguna dan data pembayaran dikumpulkan oleh para pelaku kejahatan siber.

“Ekspektasi para penggemar sangatlah tinggi saat ini, bahkan bisa dikatakan lebih tinggi daripada film apa pun. Setiap orang yang pernah menjadi penggemar Spidey memiliki teorinya masing-masing tentang film tersebut, yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan siber,” kata pakar keamanan di Kaspersky Tatyana Shcherbakova, seperti dikutip Antara, Sabtu (18/12/2021).

Untuk itu, Tatyana mendorong pengguna tetap waspada terhadap halaman yang mereka kunjungi dan tidak mengunduh file dari situs yang belum diverifikasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button