Gaya Hidup

Biopsi Robotik Deteksi Kanker Prostat dengan Akurasi Tinggi

INDOPOSCO.ID – Spesialis bedah urologi lulusan Universitas Indonesia dr.Hery Tiera,Sp.U, dalam konferensi pers, Jumat (17/12/2021), mengatakan bahwa biopsi prostat robotik memiliki keakuratan yang lebih tinggi dibandingkan metode lain saat mendeteksi kanker prostat.

“Keakuratan robotic prostate biopsy memungkinkan dikerjakannya biopsi yang lebih terencana, pada lesi atau daerah yang dicurigai memiliki indikasi jaringan kanker. Oleh karena itu, nilai deteksinya lebih tinggi dibandingkan dengan metode lainnya, dan prognosisnya pun lebih baik,” kata Hery, seperti dikutip Antara, Jumat (17/12/2021).

Selain itu, Hery melanjutkan, tindakan tersebut bersifat minimal invasif sehingga dapat mengurangi resiko komplikasi dan pendarahan pasca tindakan, serta sedikit risiko infeksi dengan proses pemulihan yang lebih singkat dan tanpa membutuhkan rawat inap.

Teknologi robotik MRI/US fusion prostate biopsy akan dipandu oleh gambar dari pencitraan MRI. Bagian gambar dari hasil MRI yang dicurigai memiliki indikasi jaringan kanker akan dikontemplasi ke dalam sebuah robot platform untuk dipindai secara digital dan menggabungkannya dengan gambar USG real time. Selanjutnya, titik-titik biopsi akan ditetapkan secara otomatis selama proses pengambilan sampel jaringan.

Baca Juga: Kesalahan Diet yang Sering Dilakukan saat Ingin Turunkan Berat Badan

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button