Kuasai Data Survei Online Terbesar di Indonesia
Kolaborasi Raksasa Snapcart Indonesia dan Telkomsel tSurvey

INDOPOSCO.ID – Sebuah kekuatan raksasa platform penyedia jasa data survei online telah hadir di Indonesia. Per 1 November lalu telah tercapai kesepakatan kerja sama antara perusahaan riset digital, Snapcart Indonesia, dengan layanan platform survei online dari Telkomsel, tSurvey. Melalui kolaborasi ini, Snapcart x tSurvey menjadi penyedia layanan survei online dengan jumlah panel terbesar di Indonesia dengan lebih dari 173 juta pelanggan.
Luasnya variasi profil audiens dari platform tSurvey diperkuat dengan kapabilitas Snapcart dalam melakukan survei online, sehingga kolaborasi tersebut menawarkan survei online dengan waktu yang lebih efisien dan data yang lebih akurat.
“Ini salah satu revolusi digital yang mendisrupsi dunia riset kita menjadi lebih akurat,” kata Direktur Snapcart Indonesia, Astrid Wiliandry dalam keterangan, Selasa (14/12/2021).
Snapcart x tSurvey, menurut dia, menawarkan berbagai segmentasi panel survei, mulai dari demografi, pola berbelanja offline, profil ponsel, penggunaan aplikasi ponsel, hingga pengeluaran telekomunikasi dan mobilitas konsumen. Dengan berbagai kapabilitas dari kerja sama tersebut layanan yang ditawarkan Snapcart x tSurvey dapat menjadi solusi dari berbagai tujuan riset untuk beragam sektor bisnis seperti smartphone, fintech, perbankan, e-commerce, gaya hidup, FMCG (Fast-Moving Consumer Goods), dan lain-lain.
Sementara itu, General Manager Data Solutions Business and Partnership Telkomsel Rangga Gandina menjelaskan, dengan lebih dari 173 juta pelanggan Telkomsel di seluruh Indonesia memungkinkan tSurvey menemukan responden berdasarkan profil penggunaan seluler mereka di daerah perkotaan dan pedesaan. Profil audiens telco dihasilkan dari telco big data kami dengan menggabungkan wawasan konsumen yang kontekstual yang dimiliki Telkomsel serta platform yang dioperasikan untuk menentukan perilaku responden dengan mengedepankan konsep customer-centricity dan disesuaikan dengan kepatuhan terhadap peraturan privasi yang berlaku di Indonesia.
“Bersama Snapcart, kami bersemangat untuk menghadirkan pengalaman survei online terbaik dan andal dengan menggabungkan kemampuan tSurvey dan Snapcart,” ujarnya.
Dia menyebut, data Snapcart Indonesia menunjukkan adanya peningkatan pesat akan kebutuhan survei online dalam dua tahun terakhir. Hal ini disebabkan karena pembatasan mobilitas selama pandemi dan keunggulan survei online dibandingkan dengan riset tradisional dengan data offline. Selain kecanggihan teknologi seperti artificial intelligence (AI) yang dimiliki Snapcart Indonesia, survei online juga dapat memberikan solusi yang lebih tepat sasaran, efisien secara waktu, dan lebih terjangkau tanpa mengurangi kualitas data dan insight yang didapat.
Salah satu kekuatan riset Snapcart adalah kemampuan menargetkan responden yang lebih tepat sasaran berdasarkan perilaku belanja aktual dan faktual mereka, tidak hanya mengklaim membantu klien untuk mendapatkan data dan insight yang tepat. Kemitraan dengan tSurvey ini membuat metode riset Snapcart Indonesia memiliki basis panel yang lebih luas, lebih dalam, dan lebih akurat, menjadikan platform Snapcart x tSurvey penyedia data riset online terbesar di Indonesia. Dengan kemampuan ini, hampir tidak ada lagi batasan untuk melayani kebutuhan berbagai pelaku industri dalam mendapatkan data dan insight yang detil untuk menganalisis semua segmen pasar.
“Ini akan membantu para pelaku bisnis di Indonesia untuk mendapatkan gambaran pasar produknya lebih tepat sasaran dan menjaga merek terkelola baik,” tambah Astrid.
Layanan survei online yang dilakukan Snapcart Indonesia selama ini mencakup analisis posisi merek, perilaku, kepuasan dan pola belanja konsumen, analisis pasar, product pricing, efektivitas komunikasi pemasaran, loyalitas merek, dinamika dan tingkat persaingan pasar, respon dan kepedulian konsumen, dan lain-lain. Ditambah dengan kemampuan data survei yang tersedia melalui tSurvey, kemampuan riset dan survei Snapcart Indonesia kini akan semakin detil dan merambah sebaran responden yang lebih luas dan tepat sasaran. (ibs)