Gaya Hidup

Indonesia Jadi Negara Asia Pertama Gelar Kompetisi Kopi COE

INDOPOSCO.ID – Indonesia menjadi Negara Asia pertama yang menggelar kompetisi kopi Cup of Excellence (COE). Sebanyak 36 petani kopi Indonesia berhasil lolos seleksi pada ajang tersebut setelah melalui seleksi selama 90 hari.

“Penyelenggaraan COE di Indonesia, adalah catatan sejarah baru yang membawa harapan untuk kopi-kopi di Indonesia untuk berkembang secara benar dan baik dari segi kualitas dan juga memperkuat dari segi branding di dunia,” ujar Country Coordinator, Andi Widjaja di Jakarta, Sabtu (27/11/2021).

Cup of Excellence terbuka bagi seluruh negara penghasil kopi melalui mekanisme lisensi yang dipegang haknya oleh Alliance for Coffee Excellence (ACE) yang berkedudukan di Portland, Amerika Serikat. anggota terdaftar ACE.

Dimulai sejak 1999 di Brazil, Cup of Excellence telah menghasilkan ratusan ribu dollar bagi tiap negara peserta. Kopi-kopi pemenang kompetisi dijual melalui mekanisme lelang daring yang diikuti oleh pembeli dari seluruh dunia.

Baca Juga : Inovator Kopi Robusta Ciptakan Klon Baru

Dengan mayoritas hasil lelang diterima langsung oleh peserta pemenang lelang, mekanisme kompetisi membuat Cup of Excellence mempelopori terbentuknya industri kopi yang berkelanjutan, transparan dan berintegritas.

Keterbukaan akses informasi dan ketelusuran yang menjadi salah satu nilai yang dijunjung tinggi oleh Cup of Excellence telah banyak menghasilkan hubungan antara pembeli dan penghasil kopi yang lebih terbuka, membawa perbaikan terhadap model ekonomi dari negara penghasil kopi, serta memotivasi petani kopi untuk meningkatkan mutu hasil kopi mereka.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button