Gaya Hidup

Pakar Ingatkan Bahaya Osteoporosis yang Sering Tidak Disadari

INDOPOSCO.ID – Dokter Spesialis Ortopedi & Traumatologi dr. Ricky Edwin Pandapotan Hutapea, Sp.OT (K) mengingatkan akan bahaya osteoporosis yang merupakan penyakit penurunan massa tulang yang tersembunyi (silent disease) di mana tanda dan gejalanya tidak disadari.

“Penyakit ini bisa dikatakan silent disease karena pasien biasanya tidak merasakan keluhan apapun, hingga suatu saat bisa terjadi patah tulang hingga penurunan kualitas hidup. Namun osteoporosis sebenarnya bisa ditangani melalui pola hidup sehat, konsumsi nutrisi tepat, olahraga yang sesuai, serta deteksi sedini mungkin,” ujar dr. Ricky dikutip dari siaran resmi pada Kamis (7/10), dilansir Antara.

Penyakit ini juga dapat menyerang siapa saja terutama dewasa dan lansia. Menurut pedoman pengendalian osteoporosis yang diterbitkan Departemen Kesehatan RI, di seluruh dunia, 1 dari 3 perempuan dan 1 dari 5 laki- laki berusia lebih dari 50 tahun mengalami osteoporosis.

Diperkirakan 2 dari 5 penduduk Indonesia juga berisiko terkena osteoporosis, bahkan pada tahun 2050, pria dan wanita lebih dari 50 tahun (paling berisiko untuk osteoporosis) akan menjadi 1/3 dari total penduduk Indonesia.

Untuk mengatasi masalah osteoporosis, masyarakat diharapkan dapat memperbaiki gaya hidup dan juga mengubah pola makan dengan gizi seimbang.

dr. Ida Gunawan, MS. Sp. GK (K), FINEM, Spesialis Gizi Klinik mengatakan teoporosis dapat disebabkan salah satunya karena faktor usia, rendahnya asupan kalsium, antioksidan, dan protein, maupun kurangnya aktivitas fisik serta gaya hidup yang kurang sehat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button