Gaya Hidup

Pasien Penyakit Jantung Wajib Vaksinasi Covid-19, Perhatikan Syaratnya

INDOPOSCO.ID – Penderita penyakit jantung dianjurkan untuk mengikuti vaksinasi Covid-19. Ini untuk membantu mencegah infeksi virus maupun terkena gejala berat akibat Covid-19. Namun, ada syarat yang harus diperhatikan.

“Pada masyarakat yang menderita penyakit jantung, namun yang kondisinya stabil atau terkontrol, kami merekomendasikan agar segera melakukan vaksinasi Covid-19,” ujar dr. Dinarsari H Putri, Dokter Spesialis dan Pembuluh Darah dari Siloam Hospitals Banjarmasin, Rabu (29/9) melalui platform Zoom dalam edukasi kesehatan dengan tema “Vaksin Covid 19 pada Pasien Penderita Penyakit Jantung”, yang diselenggarakan Tim Manajemen rumah sakit tersebut.

Dijelaskannya, vaksin merupakan produk biologis yang diberikan kepada seseorang guna melindungi beragam penyakit yang melemahkan bahkan mengancam jiwa. Vaksin akan membantu sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi secara efisien dengan mengaktifkan respon tubuh atau imun untun mengingat virus atau bakteri pembawa penyakit.

Berita Terkait

Dijelaskannya, vaksinasi Covid-19 diberikan pada kondisi stabil atau pasien dalam kondisi terkontrol kesehatannya. Dari rekomendasi Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovascular Indonesia (Perki) dijelaskan bahwa vaksin boleh diberikan pada pasien jantung pada kondisi stabil yang artinya pemilik penyakit jantung saat itu tidak memiliki keluhan, misalnya sesak nafas, nyeri dada, keterbatasan aktifiras ringan, jantung berdebar, kaki bengkak hingga penurunan kesadaran.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button