Gaya Hidup

Masker Renggang Bisa Rusak Lapisan Terluar Kulit

INDOPOSCO.ID – Dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin dari Universitas Indonesia, dr. Arini Astasari Widodo, Sp. KK mengingatkan Anda agar tidak menggunakan masker yang renggang karena dapat merusak lapisan kulit terluar atau skin barrier.

“Jika pakai fabric mask jangan yang renggang seperti linen kan renggang karena kalau yang renggang lebih bertekstur, lebih tergesek-gesek kulitnya, barrier- nya akan rusak,” tuturnya, pada sebuah acara daring, ditulis Antara, Jumat (1/10).

Arini yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) itu menyarankan Kamu memilih masker dengan ukuran pas artinya tidak begitu ketat maupun longgar.

Sebelum menggunakan masker, sebaiknya bersihkan dulu wajah dan menjadi pilihan bagus apabila Kamu juga menggunakan serum wajah untuk meningkatkan barrier kulit. Kamu juga sebaiknya tidak lupa mengganti masker setiap minimal 4 jam sekali.

Menurut Arini, pemakaian masker dapat menyebabkan microbiome kulit berubah. Microbiome berperan penting dalam barrier kulit sehingga membuatnya tampak sehat dan bercahaya, mengurangi kemungkinan Kamu terkena eksim, jerawat serta semua peradangan kulit.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button