Gaya Hidup

Masa Pandemi, Ortu Perlu Waspadai Gangguan Psikologis Anak

INDOPOSCO.ID – Psikolog dari Yayasan Heart of People. id Yohana Theresia MPsi meminta para orang tua untuk mewaspadai gangguan psikologis yang terjadi pada anak akibat pandemi Covid-19.

“Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Agustina, Verauli serta Tirta pada 2020 misalnya, menengarai adanya peningkatan permasalahan perilaku serta masalah akibat paparan stres pada saat pandemi Covid-19,” ucap Yohana dalam keterangan tertulisnya kepada Antara di Jakarta, Kamis (30/9).

Ia menambahkan beberapa permasalahan yang timbul akibat gangguan psikologis pada anak tersebut yaitu menarik diri dari keramaian (withdrawal), gangguan somatik maupun somatic symptom disorder (munculnya gejala dari tubuh akibat kecemasan yang berlebihan), agresi, depresi maupun masalah perilaku lainnya.

Kondisi itu disebabkan beberapa faktor pencetus, seperti ruang bergerak yang terbatas, pendidikan berkualitas yang belum menyeluruh, orang tua yang sibuk, dan kondisi psikologi yang tidak stabil.

“Maka muncul cara instan yang banyak diambil orang tua untuk mengatasi hal itu dengan memberikan gawai kepada anak, padahal pemberian gawai bukannya tanpa dampak,” tambah ia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button