Gaya Hidup

Begini Cara Penanganan Kondisi Gawat Darurat di Era Pandemi Covid-19

INDOPOSCO.ID – Penanganan kondisi gawat darurat yang mengancam keberlangsungan hidup pasien di era pandemi Covid-19 perlu segera dilakukan pertolongan secara medis guna menghindari kecacatan bahkan kematian.

“Keadaan darurat pasien pun harus memperhatikan segala sesuatunya yang mungkin terjadi, misalnya memperhatikan seperti adanya penyakit dan trauma dengan memperhatikan berbagai fungsi organ vital,” ujar dr. Dwi Putri Saraswati, melalui edukasi bincang sehat pada aplikasi Instagram Live bertajuk “Penanganan Kondisi Gawat Darurat di era Pandemi” oleh manajemen Siloam Hospitals Mataram di Nusa Tenggara Barat, hasil kerjasama Inside Lombok, Selasa (7/9).

Dia menuturkan, fungsi organ vital yang wajib diperhatikan saat kegawatan darurat, yaitu fungsi organ dan sirkulasi, jalan nafas dan fungsi nafas, fungsi dari otak dan kesadaran hingga organ lainnya sebagai penunjang.

“Penanganan dilakukan agar jalan nafas tidak terganggu. Dengan menghilangkan sumbatan jika ditemukan pada diri pasien, seperti adanya benda asing, riwayat penyakit asma atau akibat trauma pada wajah yang menggangu jalan nafas pun dapat pula disebabkan oleh konsumsi obat obatan,” jelas dr. Dwi Putri, yang kesehariannya berpraktek di rumah sakit milik Siloam Hospitals Grup.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button