Gaya Hidup

Pahami Aturan Klaim Asuransi Kendaraan, Berikut Agar Tidak Rugi di Masa Depan

INDOPOSCO.ID – Bicara mengenai asuransi kendaraan, tentunya yang tak bisa kita lupakan adalah perihal bagaimana cara prosedur klaim asuransi tersebut bekerja. Banyak sekali nasabah di luar sana yang masih tak memahami prosedur yang berlaku. Imbasnya, nasabah asuransi menilai asuransi yang mereka ambil menipu.

Padahal semua ketentuan telah diatur dalam polis asuransi. Baik aturan yang harus dipenuhi maupun aturan yang harus dihindari yang dapat menyebabkan klaim ditolak. Sebagai nasabah asuransi, kita pun harus memahami jenis jenis kendaraan yang dapat diasuransikan.

Diantaranya adalah kendaraan penumpang, truck pick up, hingga bus dan mikro bus. Sedangkan dilihat dari sisi penggunaannya, jenis kendaraan yang bisa dicover oleh asuransi adalah kendaraan pribadi, komersil atau yang disewakan.

Namun berbicara mengenai jenis kendaraan pribadi, saat ini pun fungsinya sering kali di alihkan untuk kebutuhan transportasi komersil seperti untuk taksi online. Jika sebelumnya beberapa asuransi mobil hanya melindungi kendaraan yang sifatnya untuk penggunaan pribadi, saat ini asuransi juga melindungi kendaraan yang sifatnya komersil juga.

Hal tersebut pun biasanya telah diatur oleh syarat-syarat pendaftaran taksi online seperti GoJek atau GRAB yang mana setiap kendaraan taksi online harus telah dilindungi oleh asuransi mobil All Risk maupun TLO.

Edukasi dalam Proses Klaim Asuransi

Untuk Anda yang hendak melakukan klaim asuransi, saat ini ada banyak sekali asuransi yang telah mengedukasi nasabahnya baik melalui media sosial maupun melalui workshop. Proses ini penting dilakukan supaya nasabah bisa mendapatkan asuransi mobil terbaik atau asuransi kendaraan lainnya.

Beberapa asuransi kendaraan yang banyak beredar di pasaran saat ini telah menawarkan berbagai kemudahan klaim asuransi. Kebanyakan asuransi kendaraan akan memberikan jaminan keaslian onderdil mobil serta garansi kerja bengkel mencapai 6 bulan. Tak hanya itu saja, setiap layanan perusahaan asuransi pun memiliki akses call center yang mempermudah kita melakukan laporan selama 24 jam penuh dan terkoneksi di seluruh Indonesia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button