Begini Cara PGN untuk Mendongkrak Pendaftaran Pelanggan Gas Bumi

INDOPOSCO.ID – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai Subholding Gas Pertamina terus berinovasi dalam strategi pemasaran di tengah perubahan perilaku konsumen yang makin hybrid.
Melalui pendekatan omnichannel yang menyatukan kanal digital dan interaksi langsung, PGN memasarkan produk Gaskita untuk segmen rumah tangga dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta GasLine untuk segmen komersial dan industri secara adaptif, interaktif, dan relevan dengan gaya hidup masa kini.
Salah satu kampanye yang menjadi unggulan di sini adalah Bedah Dapur GasKita, yang menyasar keluarga di wilayah Tangerang, Bekasi, Surabaya, Semarang dan Yogyakarta. Di sini PGM memanfaatkan pendekatan Marketing 5.0, termasuk media sosial untuk menyelenggarakan undian renovasi dapur bagi pendaftar terpilih.
Kampanye yang berlangsung dari Agustus-Oktober 2024 ini berhasil menjangkau publik secara masif, dengan capaian lebih dari 11,6 juta impresi. Efektivitas kampanye terlihat dari lonjakan pendaftaran layanan GasKita melalui kanal online, yang meningkat 268 persen selama periode kampanye.
Pada Oktober saja, tercatat lebih dari 1.400 pendaftar. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan 390 pendaftar pada Agustus.
PGN juga memperkuat pendekatan phygital dalam pencarian informasi hingga proses berlangganan bagi calon pelanggan, baik dengan webrooming melalui situs www.pgas.id maupun showrooming melalui partisipasi di pameran yang berada di area pengembangan jaringan gas.
Untuk menyasar segmen komersial dan industri secara B2B, PGN juga mengoptimalkan kampanye digital melalui Google Ads. Strategi ini diarahkan untuk menjangkau pelaku bisnis yang membutuhkan layanan energi gas bumi.
Atas keberhasilan ini, beberapa waktu yang lalu PGN dianugerahi OMNI Brand of The Year 2025 oleh Marketeers dalam kategori Branding Campaign Through Multi Platform. Dalam hal ini, PGN dinilai unggul dalam aspek Creativity, Innovation, Reach dan Impact.
Direktur Komersial PGN, Ratih Esti Prihatini menekankan pentingnya strategi pemasaran yang terintegrasi.
“Strategi yang adaptif sangat diperlukan seiring terjadinya perubahan pola komunikasi masyarakat yang semakin digital,” ujarnya dalam keterangannya, Rabu (11/6/2025).
PGN akan terus berupaya merespon perubahan tersebut agar tetap relevan dalam mengedukasi pasar mengenai energi transisi yang lebih ramah lingkungan, yaitu gas bumi.
“Kemudahan pendaftaran berlangganan gas melalui website dan kemudahan komunikasi konsultasi melalui kanal online membuat prospek pertumbuhan calon pelanggan dapat tetap dijaga,” katanya.
Sebagai wujud kelanjutan dari strategi pemasaran yang humanis dan interaktif, PGN juga meluncurkan aktivitas baru dalam bentuk acara ‘Taman Jargas Nusantara’. (srv)