Ekonomi

Hentikan Layanan Produk Fisik, Bukalapak Tutup?

INDOPOSCO.ID – Bukalapak, salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, mengumumkan langkah strategis untuk menghentikan layanan penjualan produk fisik di platform marketplace mereka dan beralih fokus pada produk virtual. Transformasi ini diumumkan melalui situs resmi perusahaan.

“Kami ingin menginformasikan bahwa Bukalapak akan menjalani transformasi dalam upaya untuk meningkatkan fokus pada produk virtual. Sebagai bagian dari langkah strategis ini, kami akan menghentikan operasional penjualan produk fisik di marketplace Bukalapak,” tulis perusahaan yang dikutip ulang dari ANTARA pada Rabu (8/1/2025).

Adapun produk-produk virtual yang dimaksud adalah seperti pulsa prabayar dan pascabayar, paket data internet, token listrik, listrik pascabayar, Prakerja, Bukasend, BMoney, voucher streaming, voucher digital emas, dan TV kabel & internet.

Perusahaan juga akan berfokus pada penyediaan layanan seperti angsuran kredit, pajak PBB, bayar denda tilang, bayar bea, PPh final, PPh 21, PPN, SBN, Penerimaan Negara, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, hingga pembayaran PDAM dan Telkom.

Untuk penghentian penjualan produk fisik di Bukalapak, tanggal terakhir pembeli dapat membuat pesanan produk fisik adalah 9 Februari 2025 pukul 23:59 WIB. Adapun kategori produk fisik yang dimaksud seperti kategori aksesoris rumah, elektronik, fashion, games, perawatan rumah tangga, peralatan kantor, perawatan dan kecantikan, otomotif, dan masih banyak lagi.

Sementara fitur untuk menambahkan produk baru akan dinonaktifkan mulai 1 Februari 2025. Dan untuk semua pesanan yang belum diproses hingga 2 Maret 2025 pukul 23:59 WIB akan dibatalkan secara otomatis, dengan pengembalian dana kepada pembeli melalui BukaDompet.

“Semua pesanan yang belum diproses hingga 2 Maret 2025 pukul 23:59 WIB akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem. Dana dari pesanan yang dibatalkan akan dikembalikan kepada pembeli melalui BukaDompet,” jelas perusahaan.

Pelapak disarankan menyelesaikan semua pengelolaan pesanan sebelum tanggal akhir operasional.

Kebutuhan lainnya seperti pencairan dana di luar dari tanggal 14 Maret 2025 dapat dilakukan via email kepada Bukalapak melalui: bl.id/bukabantuan.

“Kami berkomitmen untuk mendukung seluruh pengguna Bukalapak selama masa transisi ini. Jika ada pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan, silakan hubungi BukaBantuan,” jelas perusahaan menambahkan.

Bukalapak menegaskan bahwa mereka tidak tutup, tetapi bertransformasi untuk meningkatkan fokus pada layanan digital. Mereka juga berkomitmen mendukung pengguna selama masa transisi ini dengan menyediakan bantuan melalui layanan pelanggan.

Transformasi ini mencerminkan adaptasi Bukalapak terhadap kebutuhan pasar digital yang terus berkembang, dengan harapan dapat memberikan layanan lebih efisien dan relevan bagi konsumen. (her)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button