Ekonomi

Pola Kerja Baru Dorong Efisiensi Anggaran Kemenkeu

INDOPOSCO.ID – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan implementasi pola kerja terkini selama pandemi Covid-19 telah mendorong efisiensi dalam anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) termasuk pada 2022.

“Pandemi membuat kita makin cepat bertransformasi. Jadi new ways of working ini sekarang sudah menjadi pakem yang kami kerjakan,” katanya dalam Raker bersama Komisi XI DPR RI di Jakarta, Senin (5/9), seperti dikutip dari Antara.

New Ways of Working (NWOW) merupakan salah satu adaptasi pola kerja baru di Kemenkeu yaitu pegawai dapat bekerja lebih fleksibel dengan tetap menjaga kinerja serta pelaksanaan tugas melalui beberapa penerapan kebijakan.

Kebijakan itu meliputi hybrid working, activity-based workplace, co- working space dan satelite office.

Sri Mulyani menyebutkan beragam pola kerja baru ini telah mendorong spending better di Kemenkeu seperti efisiensi Rp618, 81 miliar karena penurunan belanja birokrasi di Tahun Anggaran 2022 dibandingkan sebelum pandemi Covid-19 pada 2019.

Kemudian efisiensi Rp161,7 miliar karena implementasi kebijakan meeting atau rapat secara daring dan hybrid yang tidak perlu menyediakan konsumsi.

Selanjutnya, implementasi aplikasi naskah dinas secara elektronik juga menciptakan efisiensi anggaran hingga Rp132,72 miliar karena belanja alat tulis kantor hingga supplies.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button