Ekonomi

Pertamina Serahkan Rencana Pengembangan Sumur ke SKK Migas

INDOPOSCO.ID – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menyerahkan draf rencana pengembangan (plan of development/POD) dari proyek Chemical Enhanced Oil Recovery (CEOR) kepada Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

“Pengembangan CEOR merupakan bagian dari komitmen kerja pasti atau KKP PHR kepada pemerintah untuk peningkatan cadangan dan produksi dalam periode lima tahun pertama sejak alih kelola Blok Rokan pada 9 Agustus 2021,” kata Direktur Utama PHR Jaffee A Suradin di Pekanbaru, seperti dikutip Antara, Selasa (9/8/2022).

Penyerahan simbolis dokumen itu dilakukan sehari sebelumnya (8/8) di Kompleks PHR Rumbai yang dihadiri pihak terkait.

Baca Juga : Pipa BBM di Cilacap Bocor, Pertamina Rangkul Polda Jateng

Pria yang akrab disapa Buyung itu mengatakan pelaksanaan tahap satu akan dilakukan di 37 sumur termasuk sumur produksi, injektor, observasi dan pembuangan dengan menerapkan konfigurasi sumur berpola tujuh “spot inverted irregular”.

Nantinya, surfaktan dialirkan ke dalam sumur untuk memisahkan sisa minyak yang masih ada di dalam pori-pori bebatuan di reservoir. Dengan demikian, perolehan minyak dari setiap sumur akan meningkat.

Di saat yang sama, kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, mengapresiasi langkah PHR dalam menyerahkan draf tersebut kepada pihaknya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button