Ekonomi

Pentingnya Kecakapan dan Literasi Digital

INDOPOSCO.ID – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate membuka Pertemuan Ketiga Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 Indonesia. Pertemuan kali ini membahas pengembangan framework ekosistem digital global.

“Dalam pertemuan kali ini kami menyiapkan serangkaian diskusi untuk membahas isu prioritas DEWG kedua yaitu Keterampilan Digital dan Kecakapan Digital serta isu prioritas ketiga Data Free Flow with Trust (DFFT) dan Cross-Border Data Flow (CBDF).

Keduanya adalah isu yang amat penting dibahas untuk pengembangan framework ekosistem digital global,” jelasnya dalam Konferensi Pers yang berlangsung secara hibrida di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (20/7/2022).

Mengenai pembahasan isu Kecakapan Digital dan Literasi Digital, Johnny menyatakan Forum DEWG akan membahas tanggung jawab pemangku kepentingan.

“Ini menjadi pengingat bahwa peningkatan kecakapan dan literasi digital adalah tanggung jawab global seluruh pemangku kepentingan terkait Pemerintah pelaku industri maupun entitas nonpemerintahan,” ujarnya.

Menurut Menkominfo, pemanfaatan teknologi digital akan makin masif sehingga memerlukan kerja bersama untuk memastikan setiap orang dapat memiliki akses.

“Menyiapkan diri dan ekosistem melalui peningkatan kecakapan dan literasi digital jika dunia ingin menghadirkan transformasi digital yang inklusif,” tegasnya.

Mengutip data International Telecommunication Union (ITU), Menteri Johnny menyatakan pada tahun 2022 satu dari tiga orang di dunia memilih untuk tidak terhubung ke internet.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button