Ekonomi

Ekonom Bank Dunia Skeptis Resesi Global Dapat Dihindari

INDOPOSCO.ID – Kepala ekonom Bank Dunia Carmen Reinhart mengatakan dia skeptis Amerika Serikat (AS) dan ekonomi global dapat menghindari resesi, mengingat lonjakan inflasi, kenaikan tajam suku bunga, dan perlambatan pertumbuhan di China.

Reinhart, yang kembali ke Universitas Harvard pada 1 Juli setelah cuti dinas publik selama dua tahun, mengatakan secara historis adalah tugas berat untuk mengurangi inflasi dan merancang soft landing pada saat yang sama, dan risiko resesi jelas merupakan “topik hangat” saat ini.

“Yang mengkhawatirkan semua orang adalah bahwa semua risiko menumpuk pada sisi negatifnya,” kata Reinhart kepada Reuters dalam wawancara jarak jauh, mengutip serangkaian guncangan yang merugikan dan langkah Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga setelah satu setengah dekade sangat rendah dan negatif.

Baca Juga : Bank Dunia Setujui Dukungan Keuangan ke Indonesia USD 750 Juta

Krisis keuangan global 2008-2009 sebagian besar mempengaruhi selusin negara maju dan China pada waktu itu adalah mesin pertumbuhan yang besar, tetapi krisis ini jauh lebih luas dan pertumbuhan China tidak lagi dalam dua digit, katanya Kamis (30/6), seperti dikutip Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button