Ekonomi

Kementan Tingkatkan Pemanfaatan Alsintan Pascapanen

Kurangi Kehilangan Panen

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) mengoptimalkan pemanfaatan alat mesin pertanian (alsintan) guna menjamin berjalanya kegiatan pascapanen guna mengurangi kehilangan hasil pertanian yang cukup besar. Kehilangan ini dapat terjadi atau diakibatkan karna penggunaan alat panen konvensional, serangan hama, jamur dan penyakit serta efisiensi pengolahan yang rendah.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Suwandi mengatakan, Kementan terus memberikan bantuan berupa alat mesin pertanian (alsintan) sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk meningkatkan produksi dan nilai jual produk tanaman pangan. Sesuai arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Kementan pun sangat ketat melakukan pengawasan agar penggunaan bantuan tersebut benar-benar optimal.

“Bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepeduliaan pemerintah agar produk tanaman pangan semakin berkualitas sesuai standar yang berlaku, sehingga petani dapat memperoleh harga yang lebih layak. Oleh sebab itu bantuan harus dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan berkelanjutan” ujar Suwandi dalam acara Bimbingan Teknis dan Sosialisasi (BTS) Propaktani Episode 509 yang di selenggarakan secara daring, Selasa (28/6/2022).

Di kesempatan yang sama, Akademisi Institut Pertanian Bogor (IPB), Emmy Darmawati menjelaskan pemanfaatan Alsin pascapanen dan kontribusinya terhadap penyelamatan kehilangan hasil. Menurutnya, pemanfaatan alsintan dengan baik berpengaruh nyata terhadap menurunnnya kehilangan hasil panen.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button