Ekonomi

BEI: Penurunan Indeks Saham Tak Hanya Terjadi di Indonesia

INDOPOSCO.ID – Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai penurunan indeks saham tidak hanya terjadi di bursa saham Indonesia, tetapi juga di bursa banyak negara lain di dunia imbas dari tingginya inflasi global.

“Penurunan indeks beberapa waktu terakhir ini, termasuk indeks harga saham gabungan (IHSG) yang sempat menyentuh level kembali di bawah 7.000, tidak hanya terjadi di bursa Indonesia saja,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama BEI Hasan Fawzi di Jakarta, Rabu (15/6).

Dari hampir 40 bursa utama dunia, lanjut Hasan, secara tahunan (year to date) hanya ada 10 bursa yang menunjukkan pertumbuhan positif, termasuk bursa Indonesia, yaitu IHSG masih tumbuh lebih dari 6 persen.

Baca Juga : IHSG Terkoreksi Ikuti Bursa Kawasan Dipicu Kekhawatiran Inflasi

Menurut Hasan, penurunan indeks tersebut dipicu oleh beberapa faktor terutama kenaikan harga-harga komoditas dunia yang dipicu salah satunya oleh ketidakpastian yang ditimbulkan akibat perang Ukraina dan Rusia.

“Efek berikutnya memicu tingkat inflasi yang tinggi di hampir seluruh negara di dunia yang pada akhirnya menimbulkan kekhawatiran pada investor bahwa bank sentral akan menaikkan suku bunga secara agresif,” ujar Hasan

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button