Ekonomi

Rupiah Menguat Seiring Pemerintah Buka Kembali Ekspor CPO

INDOPOSCO.ID – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat (20/5) pagi menguat seiring kebijakan pemerintah yang membuka kembali keran ekspor minyak sawit mentah (CPO).

Rupiah pagi ini bergerak menguat 79 poin atau 0,54 persen ke posisi Rp14.640 per USD dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.719 per USD.

Analis Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) Revandra Aritama saat dihubungi di Jakarta, Jumat (20/5), mengatakan, rupiah sendiri pada hari sebelumnya memang sempat menguat menyusul dibukanya kembali izin ekspor CPO.

Baca Juga : Percepatan Digitalisasi, BI Nilai Perlu Keseimbangan Kebijakan

“Seperti diketahui ekspor CPO mampu memberikan sumbangan devisa yang besar bagi Indonesia. Selain itu neraca perdagangan kuartal I 2022 Indonesia juga surplus. Ini juga memberikan sentimen positif untuk rupiah,” ucap Revandra, seperti dikutip Antara, Jumat (20/5).

Presiden Joko Widodo mengumumkan pemerintah akan membuka ekspor minyak goreng mulai Senin 23 Mei 2022 setelah sebelumnya melarang ekspor CPO dan produk turunannya mulai 28 April 2022.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button