Ekonomi

Yuan Berpotensi Jadi Mata Uang Global

INDOPOSCO.ID – Jika China ingin yuan-nya menjadi mata uang yang digunakan secara global, Beijing perlu memiliki pasar modal terbuka dan konvertibilitas mata uang penuh, kata pejabat nomor dua Dana Moneter Internasional (IMF), Selasa (26/4/2022).

Deputi Pertama Direktur Pelaksana IMF Gita Gopinath, berbicara tentang pandangan institusional baru pemberi pinjaman global tentang langkah-langkah aliran modal di acara Peterson Institute for International Economics, mengatakan sejarah telah menunjukkan bahwa mata uang cadangan banyak digunakan dalam transaksi perdagangan global, seperti dolar dan pound Inggris, tidak memiliki batasan modal, seperti yang dilakukan China.

“Jika suatu negara bercita-cita untuk menjadi mata uang global, maka dalam hal ini, Anda harus memiliki, Anda tahu, pada dasarnya modal bergerak sepenuhnya dan bebas, liberalisasi akun modal penuh, konvertibilitas penuh nilai tukar, yang tidak terjadi saat ini di China,” kata Gopinath menanggapi pertanyaan tentang pembatasan modal China.

Baca Juga : Dosen Amerika Dijatuhi Hukuman Mati oleh Pengadilan China

IMF pada 30 Maret memperbarui panduan institusionalnya tentang kontrol modal untuk memungkinkan penggunaan langkah-langkah pencegahan guna mengurangi risiko arus keluar modal yang tiba-tiba yang menyebabkan krisis keuangan atau resesi yang dalam.

Di bawah pedoman baru, negara-negara tidak lagi harus menunggu sampai arus modal melonjak dan dapat menerapkan langkah-langkah tersebut untuk melawan penumpukan bertahap utang mata uang asing yang tidak didukung oleh cadangan mata uang asing atau lindung nilai.

Gopinath mengatakan beberapa negara dengan nilai tukar tetap mungkin memiliki lebih banyak alasan untuk menggunakan langkah-langkah aliran modal secara preemptive karena mereka akan memiliki lebih sedikit alat untuk melawan arus keluar modal yang tiba-tiba.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button