Ekonomi

Seharusnya Pemerintah Intervensi Harga Minyak Goreng

INDOPOSCO.ID – Pengamat ekonomi dari Universitas Maritim Maritim Raja Ali Haji, Dodi Dermawan berpendapat pemerintah harus intervensi harga minyak goreng dan memastikan bahan pokok itu tersedia sesuai dengan kebutuhan.

“Pengawasan barang dan harga masih belum maksimal sehingga melahirkan permasalahan. Pemerintah tidak boleh melepaskan harga minyak goreng sesuai harga pasar, melainkan harus intervensi sehingga tidak menimbulkan gejolak,” kata Dodi, di Tanjungpinang, Senin.

Dodi mengatakan kondisi sekarang menimbulkan kesan pemerintah menyerahkan harga minyak goreng ke pasar. “Ketika diserahkan ke pasar, yang terjadi seperti sekarang ini, muncul gejolak pasar di berbagai daerah, termasuk Kepri,” ucapnya.

Ia minta pemerintah hadir dalam mengatasi permasalahan minyak goreng ini, karena gejolak pasar potensial semakin tinggi menjelang Idul Fitri. Pemerintah harus mengawasi distribusi dan perdagangan minyak goreng.

Pengawasan terhadap distribusi minyak goreng dibutuhkan untuk memastikan tidak ada spekulan di tengah kesulitan masyarakat. Pemerintah harus memastikan para pedagang tidak menggali keuntungan yang berlebihan saat terjadi gejolak pasar.

Contohnya, pedagang seharusnya tidak menaikkan harga minyak goreng kemasan jika komoditas itu dibeli sebelum terjadi permasalahan minyak goreng.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button